Anthony Ginting Dan Jonatan Christie Olimpiade 2004

Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie Ajang Olimpiade Paris 2024 bakal bergulir mulai 26 Juli mendatang. Kontingen Indonesia sejauh ini sudah berhasil meloloskan setidaknya 21 penggawa, dengan bulu tangkis jadi cabang olahraga yang mengirimkan wakil terbanyak.

Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie merupakan dua dari total 9 atlet pemain bulu tangkis Merah Putih yang bakal berlaga di turnamen multievent dunia. Duo andalan Indonesia bakal meramaikan persaingan di nomor tunggal putra sekaligus mencoba menjaga tradisi emas badminton.

Hanya saja mentor tunggal putra Taufik Hidayat menyiratakan masih ada beberapa PR yang harus diselesaikan oleh Ginting dan Jojo. Hal itu berkaitan dengan aspek psikis dan mental yang sudah terlihat sejak kegagalan keduanya di Indonesia Open 2024.

“Saya sudah bicara sama keduanya, sama Jonatan dan Ginting terus juga sama pelatih teknik, fisik. Sama ya. terutama untuk Ginting mereka secara mentalnya mungkin di Indonesia Open,” Kata Taufik Hidayat saat ditemui awak media konferensi pers di Senayan.

“Karena saya melihat dari Thomas Cup, Singapura, dan terakhir Indonesia Open kesalahannya sama dan akhirnya mereka mengakui di situ. Sekarang waktu sisa sebulan lebih (menuju Olimpiade). Mereka kalau soal teknik, fisik ,saya kira mereka sudah sangat yakin. Cuma kini tinggal dari mentalnya, ini harus bagaimana,” tambah dia.

Sekadar informasi, Ginting dan Jojo memang gagal menunjukkan tajinya di Istora Gelora Bung Karno pada awal bulan ini.

Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie atlit badminton indonesia

Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Tunggal Putra Indonesia Sempat Salah Strategi

Pelatih Taufik Hidayat pun membeberkan hal yang membuat duo tunggal putra Indonesia, khususnya Jonatan , sempat kurang fokus di sejumlah turnamen terakhir.

Sang atlet diklaim terlalu berambisi mengejar kenaikan ranking demi mengambil keuntungan dalam hal seeding di ajang olahraga multievent terakbar dunia.

“Jonatan juga karena sebelumnya terfokus mau masuk ranking 2, karena kan undian tersebut nanti kalau ranking 1 dan 2 dapat bye, jadi memang salah strategi tapi secara fisik dan teknik saya rasa mereka sudah sangat siap” ujarnya.

“Mudah-mudahan, ya. Saya juga selalu mengingatkan ini Olimpiade terakhir mereka, belum tentu selanjutnya bisa main lagi. Sayanglah kalau ada masalah kecil yang pengaruhi psikis, jadi mereka mainnya tidak keluar,” tambah peraih medali emas Olimpiade 2004 Athena.

Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Punya Kans Sumbang Medali

Terlepas dari hal itu, Taufik Hidayat optimistis sektor tunggal putra bulu tangkis Indonesia punya peluang besar untuk menyumbang medali di Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, mereka sudah cukup familiar dengan lawan-lawan yang bakal dihadapi, sehingga keduanya tinggal memantapkan persiapan jelang menatap turnamen.

“Kansnya besar buat mereka bisa meraih medali ya. Kita tidak bicara medali emas, medali dulu. Dan lima sektor ini harus ada yang dapat emas, kan tradisi medali emas (dari bulu tangkis), Ya mudah-mudahan, kalau bisa lebih dari satu kita bersyukur,” ujarnya.

“Tapi dari Jonatan dan Anthony Ginting, mereka juga dengan status pool ini pernah mengalahkan (lawan-lawannya). Tinggal mereka siap atau tidak, anggap saja ini Olympic terakhir. Jadi saya harap buat Jonatan dan Ginting tidak disia-siakan waktunya,” tambah Taufik Hidayat.