Spanyol Comeback Lawan Prancis

Spanyol – Luis de la Fuente memuji kualitas dan kekompakan Timnas Spanyol dari ketertinggalan untuk mengalahkan Prancis dan mencapai final Euro 2024.

Timnas Spanyol berhasil menyingkirkan Prancis pada babak semifinal Euro 2024. Bermain di Fussball Arena Munchen, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB, mereka menang comeback dengan skor 2-1.

Gawang Unai Simon dibobol dengan cepat oleh Randal Kolo Muani di menit ke-9, namun La Furia Roja sanggup membalikkan keadaan dalam tempo empat menit masing-masing dari Lamine Yamal di menit 21 dan Dani Olmo di menit 25.

Dengan hasil ini, Timnas Spanyol akan menghadapi pemenang pertandingan antara Inggris dan Belanda di final, saat mereka memburu mahkota Eropa keempat kalinya sekaligus memecahkan rekor.

Seusai pertandingan, De la Fuente membalas para pengkritik yang sebelumnya mempertanyakan beberapa keputusan dan pemilihan timnya, dengan mengingatkan mereka bahwa ia sangat mengenal para pemainnya setelah melalui sejarah panjang bersama mereka.

“Saya ingin Anda tahu bahwa hal ini mungkin akan lebih mengejutkan Anda daripada mengejutkan kami, karena kami tahu kemungkinan-kemungkinan yang kami miliki,” kata De la Fuente.

“Saya mengenal para pemain ini dan saya membuat keputusan berdasarkan seberapa banyak saya mengenal mereka.

“Ini bukan karena iseng. Anda telah meminta pemain ini atau pemain lain, sementara Anda tidak mengetahui sejarah di balik setiap pemain. Dan saya tahu para pemain saya dapat memberikan lebih banyak lagi dan mereka dapat berkembang dan menjadi lebih baik lagi.”

Manager Spanyol De la Fuente Memuji Timnya

De la Fuente sebagai manager spanyol memuji timnya memiliki fleksibilitas dan kualitas individu yang luar biasa,
yang ketika disatukan menciptakan gaya permainan sepak bola yang istimewa yang akan ditampilkan di final.

“Ide sepak bola kami didasarkan pada kepercayaan diri kami. Inilah yang ingin kami mainkan, kami ingin bermain dengan kekuatan kami,” sambung De la Fuente.

“Saya tahu bahwa kami mampu bermain sepak bola, kami telah melihatnya sepanjang turnamen.

“Secara individu mereka fantastis, tetapi mereka menawarkan keuntungan kolektif dari kualitas individu mereka,
mereka selalu bekerja untuk kebaikan bersama, untuk upaya kolektif.

“Mereka sangat murah hati dalam upaya dan tingkat kerja mereka. Ini adalah satu lagi tanda bahwa ini adalah tim yang tidak pernah puas,
bahwa mereka ingin terus berkembang dengan semangat pengorbanan.”

Puji Lamine Yamal

De la Fuente kemudian secara khusus memberikan pujian kepada Yamal, yang ia gambarkan sebagai ” aksi yang sangat jenius” untuk sang pemain.

“Kita semua tahu siapa dia. Kami harus menjaganya,” ujarnya.

“Saya ingin dia bekerja dengan sikap kerendahan hati yang sama, tetap menjejakkan kakinya di tanah untuk terus berkembang,

belajar dengan sikap yang sama dan profesionalisme yang sama, kedewasaan yang dia tunjukkan di atas lapangan.

“Sejujurnya dia terlihat seperti pemain yang jauh lebih berpengalaman, tetapi pada dasarnya saya senang bahwa dia ada di tim kami,
bahwa dia orang Spanyol dan kami mengandalkannya dan saya harap kami dapat menikmatinya untuk tahun-tahun mendatang.” FURI88