Timnas Indonesia Memiliki 4 Pemain Di Liga Eropa Habis Kontrak

Timnas Indonesia mimliki empat pemain yang berkarier di luar negeri alias abroad yang akan segera berakhir masa kerjanya di klub masing-masing.
Setidaknya ada 14 pemain yang masuk skuad Timnas Indonesia pada laga terakhir yang sedang berkarier di luar negeri. Sebanyak 10 di antaranya merumput di dataran Eropa.

Dari 10 pemain yang berseragam klub Eropa, pada musim lalu enam pemain berkarier di Belanda, tiga di Belgia, dan satu di Italia. Sedangkan empat sisanya berseragam klub Asia, terdiri dari Jepang, Korea Selatan, Thailand, dan Jepang. Tidak sedikit dari pemain Timnas tanah air yang jadi tumpuan di masing-masing klub yang sedang dibela saat ini.

Salah satunya, Jay Idzes yang memegang peran penting lini pertahanan Venezia hingga membawa tim promosi ke Serie A 2024/2025.

Di satu sisi, beberapa pemain abroad juga menghadapi masa kerja yang sudah di ujung tanduk.

Thom Haye Gelandang Timnas Indonesia

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye belum mendapat kepastian masa depan usai kontraknya di klub Eredivisie, SC Heerenveen akan berakhir per 30 Juni 2024. Terdapat beberapa kemungkinan yang menyertai pemain 29 tahun tersebut.

Potensi pertama, Thom Haye bisa bertahan di Liga Belanda apabila ada klub yang ingin mendapatkan servis dari gelandang sentral yang dijuluki The Professor tersebut. Status free transfer akan menguntungkan bagi tim yang merekrut untuk menekan biaya transfer.

Namun bukan tak mungkin pula Thom Haye membuka lembaran baru di luar Belanda. Italia adalah salah satu opsi yang realistis baginya karena sudah pernah membela klub Lecce pada 2018 hingga 2019 lalu.

Ragnar Oratmangoen


Penyerang Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen juga belum pasti masa depannya. Ia baru saja menyelesaikan masa peminjaman di Fortuna Sittard untuk Eredivisie musim lalu.

Di satu sisi, klub induk Ragnar, FC Groningen dikabarkan sudah tidak menginginkan pemain 26 tahun tersebut. Besar kemungkinan Ragnar akan hengkang dalam waktu dekat dengan status free transfer per 30 Juni 2024.

Klub Liga 1, Bali United sempat diisukan bakal merekrut Ragnar meski manajemen tim membantah hal tersebut. Kepastian klub Ragnar selanjutnya pun masih jadi tanda tanya.

Nathan Tjoe A On


Idola baru di Timnas Indonesia, Nathan Tjoe A On juga baru menyelesaikan masa peminjaman di SC Heerenveen musim lalu.

Kontraknya di klub Liga Inggris yang berbasis di Wales, Swansea City, pun akan berakhir pada 30 Juni 2024.

Sejauh ini, belum jelas klub Nathan selanjutnya. Terdapat spekulasi pemain yang bersangkutan tetap bertahan di Eropa untuk mengembangkan kariernya.

Sebab pemain 22 tahun itu masih punya masa depan yang panjang. Terlebih lagi, Nathan merupakan pemain serba bisa yang dapat dipasang di bek hingga sebagai gelandang bertahan.

Marselino Ferdinan

Kontrak Marselino Ferdinan di klub Belgia, KMSK Deinze akan berakhir pada 30 Juni 2024. Belum ada kabar pasti ke mana pemain 19 tahun itu akan berlabuh.

Marselino menjalani perjalanan yang menantang di Liga Belgia. Sejak bergabung pada Januari 2023 lalu, ia masuk ke skuad 10 kali dan tiga kali bertanding.

Cedera hamstring sempat menghalanginya unjuk gigi.